Wednesday, April 17, 2013

Merawat Krom Velg Serta Jerujinya

Assalamu'alaikum,
Saat masih SMP sekitar tahun 2001an saya pernah membaca sebuah artikel pd sebuah koran otomotif yaitu Motorplus yg intinya tentang cara merawat krom pd sepatbor depan Honda Win yg masih memakai pelat yg bisa diterapkan ke velg jeruji.

Adapun kita menggunakan cairan Solar utk melindungi krom velg beserta jeruji, oleh karena itu siapkan dulu Solar secukupnya(1/2 liter dah cukup) serta kuas halus atau sikat gigi bekas. Kenapa kita memakai Solar?karena Solar mengandung oli sehingga bisa melindungi krom dari karat.



-bersihkan velg serta jerujinya dg lap hingga bersih
-dilanjutkan dg memoleskan Solar dg merata ke seluruh lapisan krom velg & jerujinya
-setelah selesai lalu diamkan sebentar  agar Solarnya meresap
-lanjutkan dg mengguyur velg+jeruji tadi dg air agar sisa Solarnya hilang.
Adapun bila sisa Solarnya tdk diguyur air maka nanti velgnya jadi kotor karena debu menempel semua.
Setelah selesai pemolesan Solarnya maka velg dg jeruji hars sering dibersihkan/dilap agar mengkilap terus, bila tdk dirawat maka nanti kotor.
Saat dulu saya mencobanya di motor Shogun 110 yg memakai jeruji terbukti awet bertahun2 setelah sebelumnya saya ganti semua jerujinya dg yg baru & kinclong. Setiap pagi & sore saya lap velg+jerujinya, Alhamdulillah bebas karat kinclong abis tanpa dipoles Brasso.
Cara ini juga saya praktekan di motor trailnya kakak saya & Alhamdulillah kinclong kaki2nya.
Oh ya,sebelum memoleskan dg Solar maka lapisilah bagian rem cakramnya agar tdk terciprat Solar. Bila terciprat Solar nanti maka cakramnya jadi licin utk ngerem.
Demikian, moga bermanfaat :D

No comments:

Post a Comment