Wednesday, April 17, 2013

Test Drive Suzuki APV Arena

Assalamu'alaikum kawan,
Ketika saya melihat mobil Suzuki APV melintas di jalan, saya seolah masih tidak atau belum percaya bahwasanya saya pernah mengemudikan mobil itu sekali. Sepintas melihat di jalanan mobil baru yg gede gini yg memiliki hidung setengah mancung pastilah mahal harganya. Tentu saja dibalik mahal & gedenya mobil APV itu pasti terdapat nilai lebihnya.
Berawal ketika seorang teman kerabat mencari seorang juru mudi utk perjalanan ke kota Jogja saat malam telah larut. Ditujukanlah kepada Saya si empunya mobil APV Arena ini & kita deal berangkat ke Jogja dg si empunya dulu yg bawa. Kebetulan juga si empunya ini juga baru belajar mengemudikan mobil &  bawanya juga pelan2 gitu.



Sempat terjadi insiden kecil saat tiba di Jogja sana yakni mobil APVnya menyenggol beton saat belok kiri agak curam. Saya sudah membantu mengarahkan mobilnya kalau bisa masuk, akan tetapi si empunya ini malah mundur lalu belok gitu. Karena kurang ancang2 pas mau belok menyebabkan bodi bagian bawah pintu tengah penyok sedikit & tak terlihat lukanya bila dilihat dari samping.
Setelah selesai keperluan maka dilanjutkan pulang dg juru mudinya yakni Saya sendiri. Sempat grogi karena baru kali ini menjadi juru mudi mobil baru APV. Alhamdullillah perasaan grogi itu sirna setelah melajukan mobilnya dg tenang.
Enaknya pakemobil APV Arena ini yaitu pandangan ke depannya luas seperti Carry, hidung mobil yg tdk terlalu mancung membuat enak bermanasauver tajam di jalan. Sepintas tdk ada bedanya membawa Carry dg APV Arena ini.
Pengendalian mobil ini juga sangat nyaman karena ada power steeringnya sehingga memutar setirnya pun ringan & tak perlu mengeluarkan tenaga dalam sekalipun. Bahkan nyetir pake satu tangan pun cukup utk membelokkan arah mobil.

Posisi tongkat persneling mudah digapai tangan Saya berpadu dg setir yg gede, speedo & takometer mudah dilihat di depan saya.
Dasar biasa pake mobil lawas membuat saya bingung mengatur kaca spionnya. Karena APV ini memakai elektrik maka cukup memakai saklar utk mengatur kaca spionnya. Saya cari2 di dasbor depan tak kunjung ketemu, Saya tanya si empunya mobilpun tak tahu cara mengaturnya hehe. Sama juga ketika membuka tutup bensin pun Saya kebingungan, ternyata tuasnya ada di samping jok pengemudi.Untunglah dibalik kejadian itu ada sisi baiknya yaitu kaca spionnya lebar membuat nyaman saat mengintip belakang & juga pemandangannya luas.
Untuk ACnya juga dingin & mudah diatur, kata si empunya sih kurang dingin gitu. Padahal saya sampe kedinginan & pake sweater lho hehe.
Dasar mobil baru enak aja di kendarai, mesinnya responsif mengikuti injakan pedal gas kaki saya. Namun ada sedikit kendala yakni saat memacu mesin sampe rpm tinggi terdengar suara meraung dari depan mobil. Kendala lain yaitu saat melepas kopling saat gigi 1 berbarengan rpm tinggi terdengar suara duk gitu.
Untuk kenyamanan saat mobil melaju juga top, jalan bergelombang nyaman aja dilibas. Kendalanya saat menikung dg speed tinggi terasa mobilnya agak liar gitu. Alhasil dg berbagai kondisi di atas bisa membuat saya membawa sampai speed 100 kph.
Demikian cerita saya saat membawa APV Arena, intinya mobil ini enak.nyaman dikemudikan & cocok utk mobil keluarga.

No comments:

Post a Comment